Thursday, July 18, 2013

Tumben, Ibu


JAKARTA, TodaysNewsOurTakeCopperExclusiveHowt.blogspot.com.com - Di setiap kehadiran Joko Widodo, biasanya kaum ibu langsu berebutan meminta berfoto. Namun saat Gubernur DKI Jakarta itu sidak di Kelurahan Pondok Bambu, tidak ada yang meminta berfoto.


Jokowi tiba di Kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur, sekitar pukul 12.50, Kamis (18/7/2013). Dia langsung menuju ke loket Unit Pelayanan Umum. Di loket tersebut terlihat sekitar delapan orang yang sedang mengantre mengurus KTP dan Kartu Keluarga.


Ibu-ibu tersebut terlihat sumringah melihat kehadiran Jokowi yang terlihat santai dengan kemeja putih yang digulung. Mereka saling dorong-dorong untuk bersalaman dengan Gubernur DKI itu.


"Ayo maju, maju," ujar seorang ibu mendorong temannya.


Melihat itu, Jokowi hanya tersenyum. Dia pun menanyakan urusan ibu-ibu tersebut.


"Saya mau membuat KK, Pak, sudah terhambat karena tidak ditandatangani Pak RT. Gara-gara tidak ada KK, anak saya tidak bisa sekolah, tolong dibantu, Pak," curhat seorang ibu kepada Jokowi.


Jokowi sempat duduk dan melihat berkas-berkas ibu tersebut. Di sela-sela itu, tiba-tiba datang Lurah Pondok Bambu Budhy Novian menemui Jokowi. Saat Jokowi tiba, dia sedang shalat Zuhur.


"Mana berkas pembuatan KK," tanya Jokowi kepada Budhy.


Kemudian, Lurah Pondok Bambu meminta Kepala Seksi Dukcapil untuk mengambil berkas, yang kemudian diserahkan kepada Jokowi.


Jokowi kemudian menanyakan berapa lama proses pembuatan KK. "Kalau pembuatan KK paling lama satu minggu. Kalau KTP sekitar tiga harian, Pak," jawab Kepala Seksi Dukcapil Kelurahan Pondok Bambu.


Ibu yang mengurus KTP dan KK kemudian kembali mengurus urusannya. Sementara Jokowi dan Pak Lurah langsung menggelar rapat terbatas tertutup bersama dengan staf kelurahan. Rapat berlangsung hanya 10 menit.


Usai rapat, Jokowi menjelaskan bahwa sidak itu dilakukan untuk mengecek pelayanan kepada warga. Rapat kilat itu pun untuk memperbaiki pelayanan yang kurang. "Ya, untuk meningkatkan pelayanan yang kurang-kurang. Soal pelayanan yang tadi-tadi itu, loh," ujar Jokowi sambil berjalan keluar kantor kelurahan.


Masuk mobil, Jokowi langsung meluncur ke Kelurahan Cipinang Cempedak. Tiba sekitar pukul 13.50, dia langsung disambut oleh Camat Jatinegara Syofian, dan Lurah Cipinang Cempedak. Di sana, Jokowi juga mengunjungi loket-loket pelayanan warga.


Editor : Ana Shofiana Syatiri


No comments:

Post a Comment