Sunday, July 14, 2013

Beda "Blusukan" Jokowi dan Basuki saat Ramadhan


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (dua dari kiri) didampingi Kepala Kecamatan Gambir Henri Perez Sitorus melihat jajanan saat berbuka puasa bersama di kantor Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2013) malam. Selama Ramadhan, Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah tempat untuk berbuka puasa bersama. | TodaysNewsOurTakeCopperExclusiveHowt.blogspot.com IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES


JAKARTA, TodaysNewsOurTakeCopperExclusiveHowt.blogspot.com.com - Tak mau kalah dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang kerap melakukan aktivitas blusukan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadikan momen Ramadhan untuk melakukan blusukan. Berbeda dengan blusukan Jokowi yang tidak terencana, blusukan Basuki terencana dan sudah terjadwal dengan rapi.


Selama Ramadhan, Pemprov DKI uji coba melaksanakan program Ramadhan Fair. Tiap kantor kelurahan hingga kantor Wali Kota membuka pintu mereka bagi masyarakatnya yang ingin berbuka puasa secara gratis dan melaksanakan ibadah tarawih.


Selain itu, di halaman kantor pemerintahan tersebut juga dimeriahkan oleh pasar murah yang menjual berbagai produk-produk warga setempat dengan harga terjangkau. Selama kurang lebih satu bulan, setiap Senin-Kamis, Basuki pun telah menyempatkan waktunya untuk berkeliling ke kantor pemerintahan.


Walaupun tak menjalankan ibadah puasa, melalui kegiatan Ramadhan Fair, Basuki ikut berbuka puasa dan melebur bersama warga setempat. Di hari pertama Ramadhan, saat Basuki mengunjungi Kelurahan Cideng, Jakarta Pusat, ia mengharapkan Ramadhan Fair dapat dijadikan sebagai ajang pengenalan warga dengan pemimpinnya, baik Lurah, Camat, maupun Wali Kota.


"Selain agar bisa bertemu saya langsung, semoga Ramadhan Fair ini, bapak dan ibu bisa mengenal dan memperhatikan lurah dan camat yang baru kami lantik," kata Basuki di Kelurahan Cideng, Rabu (10/7/2013) lalu.


Maka melalui kedekatan warga dengan pemimpin di wilayahnya, tidak akan ada lagi kasus anak-anak yang tidak bisa menuntut ilmu, warga yang sakit di rumah karena tidak bisa berobat, dan sebagainya. Oleh karena itu, ia mengharapkan agar Lurah dan Camat setempat untuk turun langsung ke lapangan dan melihat segala permasalahan yang ada di lingkungan mereka.


Kemudian, Lurah dan Camat itu berkoordinasi dengan RT/RW setempat untuk mendata warga, terutama warga-warga yang membutuhkan. Menurut Basuki, Ketua RT dan RW merupakan pimpinan yang paling mengetahui keadaan warganya.


Setelah mengunjungi Kelurahan Cideng, di hari kedua Ramadhan, ia mengunjungi kantor Wali Kota Jakarta Barat. Kemudian, akan mengunjungi kantor pemerintahan mana lagi kah orang nomor dua di Ibu Kota, mulai hari ini dan seterusnya?


Dalam situs resminya www.ahok.org, Basuki telah mempublish kegiatan blusukan Ramadhan Fair hingga menjelang hari raya Idul Fitri.


Berikut agenda safari Ramadhan Fair Basuki: Rabu (10/7/2013), di Kelurahan Cideng, Jalan Petojo Selatan XI/19 Jakarta Pusat Kamis (11/7/2013), di Kantor Wali Kota Jakarta Barat Jalan Raya Kembangan Nomor 2 Jakarta BaratSenin (15/7/2013), di Kecamatan Kebon Jeruk, Jalan Perum Kebon Jeruk Jakarta Barat Selasa (16/7/2013), di Kecamatan Kramat Jati, Jalan Raya Bogor km 20 Jakarta Timur Rabu (17/7/2013), di Kantor Dinas Pariwisata, Jalan Kuningan Barat Nomor 2 Jakarta SelatanKamis (18/7/2013), di Kecamatan Johar Baru, Jalan Johar Baru I Nomor 1 Jakarta PusatJumat (19/7/2013), di Kantor Dinas Kebersihan, Jalan Mandala V Nomor 78 Cililitan Besar, Jakarta TimurSenin (22/7/2013), di Kelurahan Cilandak Timur, Jalan Bakti Nomor 48 Pasar Minggu Jakarta Selatan Selasa (23/7/2013), di Kecamatan Setia Budi, Jalan Setiabudi Barat No. 8 Jakarta Selatan Rabu (24/7/2013), di Kelurahan Tanah Sereal, Jalan Tanah Sereal Jakarta UtaraKamis (25/7/2013), di Kantor Bupati Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka Senin (29/7/2013), di Kantor Lurah Sunter Jaya, Jalan Bentengan VI/1 Jakarta Utara Selasa (30/7/2013), di Kelurahan Kalisari, Jalan Kalisari Raya Jakarta Timur Rabu (31/7/2013), di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jalan Dr. Sumarno Pulo Gebang Jakarta Timur.


Editor : Ana Shofiana Syatiri


No comments:

Post a Comment